RANGKUMAN EKSEKUTIF

Program Studi Magister Pendidikan Olahraga Pascasarjana Universitas Syiah Kuala (PS-MPO PPs Unsyiah) dibuka pada tahun 2009 sebagai respon terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan era globalisasi khususnya di bidang ilmu keolahragaan. Alumni PS-MPO PPs Unsyiah telah bekerja di berbagai bidang pekerjaan baik di berbagai instansi pemerintahan maupun swasta. Dalam menghadapi tantangan utama di bidang sains dan teknologi, pemerintah merencanakan tercapainya peningkatan ekonomi dan sosial sejalan dengan perubahan paradigma pendidikan tinggi. Visi PS-MPO PPs Unsyiah adalah Mewujudkan Program Studi Magister Pendidikan Olahraga yang inovatif, mandiri, dan terkemuka sebagai pusat pengembangan dan pengkajian, ilmu dan teknologi keolahragaan yang unggul dan berkualitas. Rumusan visi dan misi ini merujuk kepada Statuta Universitas Syiah Kuala (KepmenDiknas RI Nomor 201/O/2002), Master Plan Universitas Syiah Kuala 2007-2026, Organisasi dan Tata Kerja Universitas Syiah Kuala tahun 2015, Rentra Universitas Syiah Kuala 2012-2017, Renstra Pascasarjana 2011-2015, Renstra Fakultas dan dokumen Penjaminan Mutu Universitas Syiah Kuala, dan merumuskan misi sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dalam suasana edukatif untuk menghasilkan tenaga ahli kependidikan dalam bidang pendidikan jasmani dan keolahragaan di lembaga pendidikan formal maupun informal di berbagai jenjang dan jenis pendidikan;
  • Menyediakan wahana untuk melakukan penelitian dan pengembangan ilmu pendidikan Jasmani dan keolahragaan dalam rangka mendeskripsikan, menguji dan menemukan teknik, prinsip, konsep dan model yang dapat diandalkanuntuk meningkatkan kualitas belajar dan pembelajaran, sehingga program studi ini dapat menghasilkan tenaga penelitian dalam bidang ilmu pendidikan jasmani dan keolahragaan serta dapat mempublikasi baik nasional maupun internasional; dan
  • Melaksanakan pembinaan dan mengembangkan gagasan-gagasan baru yang dapat disumbangkan kepada masyarakat sebagai tugas pengabdian yang harus diemban.

Strategi pencapaian visi, misi, dan tujuan PS-MPO PPs Unsyiah diwujudkan dalam serangkaian kebijakan, program, dan kegiatan yang dituangkan dalam Rencana Strategis (Renstra) PS-MPO PPs Unsyiah 2015-2019. Rumusan strategi pencapaian tujuan PS-MPO PPs Unsyiah diuraikan dalam dua bagian, yaitu Program Pengembangan dan Indikator Kinerja PS-MPO PPs Unsyiah. Organisasi tatapamong di Unsyiah awalnya ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 048 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Syiah Kuala dan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 201/O/2002 tentang Statuta Universitas Syiah Kuala. Seiring dengan berjalannya waktu, Universitas Syiah Kuala terus mengalami pengembangan pada unit-unitnya. Selanjutnya struktur ini dijabarkan hingga ke Program Studi.

Pengembangan PS-MPO PPs Unsyiah didasarkan kepada Renstra PS-MPO PPs Unsyiah 2015-2019 yang telah disusun bersama melalui proses bottom up maupun top down yang merupakan arah dan pedoman pengembangan program studi yang didasarkan kepada Renstra Unsyiah 2012-2017 dan Master Plan Unsyiah 2007-2024. Strategi tersebut dikaitkan dengan program yang telah dituangkan dalam rencana strategis Universitas Syiah Kuala telah tersusun sebagai berikut:

  • Pemerataan dan Perluasan Akses Pendidikan,
  • Peningkatan Mutu, Relevansi clan Daya Saing, dan
  • Penguatan Tata Kelola, Pencitraan Publik dan Akuntabilitas.

Hasil evaluasi program yang dilaksanakan memiliki dampak positif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, penelitian, dan P3M. Pengawasan pimpinan dan umpan balik dari mahasiswa terhadap pelaksanaan program kegiatan akan meningkatkan kualitas pembelajaran di PS-MPO PPs Unsyiah. Penjaminan Mutu dilaksanakan oleh Badan Penjaminan Mutu Universitas Syiah Kuala dilakukan secara bertahap, sistematis, dan terencana serta berkesinambungan guna memenuhi mutu kompetensi lulusan sesuai dengan kebutuhan pemangku kepentingan (stakeholders) dan perkembangan IPTEK. Pengelolaan mutu dilakukan secara internal pada tingkat program studi dengan butir-butir mutu antara lain : Kebijakan umum; Kurikulum, proses pembelajaran dan evaluasi hasil studi; Pengembangan staf akademik; Mahasiswa; Keamanan dan Kesehatan/Kebersihan Lingkungan; Sarana, Prasarana dan Fasilitas Belajar Mengajar; Penelitian dan pengabdian pada masyarakat; Etika; Organisasi, Manajemen dan Layanan Administrasi; Kegiatan ekstrakurikuler; dan Peningkatan Mutu Berkelanjutan.

Gedung Program Pascasarjana dan Kantor PS-MPO PPs Unsyiah telah menggunakan sistem LAN (Local Area Network) yang mengintegrasikan seluruh perangkat komputer di PS-MPO PPs Unsyiah. Komunikasi yang berbasis intranet dan internet sudah jauh lebih baik. Banyak pekerjaan menjadi lebih mudah dan efisien. Ketersediaan website PPs Unsyiah dan Database Server telah memungkinkan mahasiswa dan dosen mengakses berbagai data dan informasi yang diperlukan. Perluasan cakupan akses menjadi salah satu hal yang akan meningkatkan pemanfaatan sistem informasi. Keberadaan jaringan internet di kampus membuat academic atmosphere di PS-MPO PPs Unsyiah lebih baik. Mahasiswa dan dosen dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan akademik baik dari segi manajemen maupun proses pembelajaran. Dukungan pada proses pembelajaran berupa mudahnya mengakses literatur, jurnal, dan pelaksanaan e-learning yang dilakukan oleh sebagian dosen.

Perpustakaan terpusat di Universitas. Perpustakaan menyediakan koleksi text book, buku referensi, majalah, jurnal, audio video dan lain-lain. Di samping itu Perpustakaan juga mempunyai akses informasi ke Perpustakaan lain di dalam dan luar negeri jika dibutuhkan. PS-MPO PPs Unsyiah memiliki perpustakan mini sendiri dengan koleksi puluhan judul buku dan jurnal. Mahasiswa dan dosen PS-MPO PPs Unsyiah juga dapat memanfaatkan perpustakaan yang dikelola oleh Pascasarjana, Fakultas dan perpustakaan Universitas yang memiliki luas 6000 m2. PS-MPO PPs Unsyiah Unsyiah memiliki sarana dan prasarana (gedung, ruang kuliah laboratorium yang terintegrasi dengan prodi penjaskesrek FKIP Unsyiah. Dengan adanya fasilitas sarana dan prasarana (gedung, ruang kuliah, laboratorium, dan perpustakaan) yang memadai, memungkinkan proses pembelajaran di PS-MPO PPs Unsyiah dapat terlaksana dengan baik. Selain itu lokasi laboratorium dan ruang kuliah yang tidak berjauhan memudahkan pencapaian dari satu lokasi ke lokasi yang lain.

Kurikulum PS-MPO PPs Unsyiah memiliki kompetensi yang dekat dengan apa yang diharapkan oleh pemanfaat lulusan (user/pemakai). Jumlah mahasiswa PS-MPO PPs Unsyiah saat ini adalah 138 orang dengan rasio perbandingan dosen dan mahasiswa 1 : 7,7. Rata-rata IPK untuk lulusan = 3,38. Rata-rata lama studi untuk lulusan = 2 tahun, 2 bulan, sedangkan alumni berjumlah 160 orang.

Tenaga edukatif di PS-MPO PPs Unsyiah adalah dosen tetap dari lingkungan Fakultas FKIP dalam bidang ilmu kelohragaan dan bidang kependidikan. Jumlah Tenaga, edukatif di PS-MPO PPs Unsyiah adalah 18 orang yang memiliki kualifikasi strata tiga.

Tenaga pendukung PS-MPO PPs Unsyiah adalah tenaga administrasi, perpustakaan, dan tenaga kebersihan. Total staf pendukung administrasi pada PS-MPO PPs Unsyiah berjumlah 4 orang, dengan kualifikasi pendidikan 1 orang lulusan SLTA, 3 orang S1. Perpustakaan yang terletak di PS-MPO PPs Unsyiah, untuk mendukung proses belajar mengajar, PS-MPO PPs Unsyiah juga didukung oleh tenaga Perpustakaan Unsyiah, yaitu sebanyak 37 orang.PS-MPO PPs Unsyiah staf administrasi direkrut secara bebas dengan sistem seleksi melalui kontrak kerja yang dibuat antara Rektor Universitas Syiah Kuala dan tenaga kerja tersebut. Calon terpilih harus sesuai dengan kualifikasi pekerjaan yang ditawarkan di PS-MPO PPs Unsyiah. Gaji pegawai dibayar sesuai dengan ketentuan tarif yang berlaku di Universitas Syiah Kuala.

Strategi yang dikembangkan dalam peningkatan mutu sumber daya dosen melalui studi lanjut adalah; (i) mendorong seluruh dosen yang berkualifikasi S2 untuk mengambil program S3; dan (ii) mengarahkan kepada dosen peserta studi lanjut untuk dapat mendalami ilmu yang terkait dengan rencana pengembangan prodi dan pengembangan universitas. Bagi para dosen yang melaksanakan studi lanjut, Universitas Syiah Kuala membebaskan yang bersangkutan dari jabatan fungsionalnya, melalui pemberian surat tugas belajar dan izin belajar.

PS-MPO PPs Unsyiah dalam menjalankan aktivitas akademik dan operasional harian memperoleh dana rutin dari Universitas yang berasal dari pembayaran SPP. Perencanaan anggaran dilakukan oleh PS-MPO PPs Unsyiah. Pengelolaan dana dipusatkan pada universitas dan program studi mengelola sesuai dengan kebutuhan.

Kualitas penelitian yang dilakukan baik oleh dosen maupun mahasiswa dengan menggunakan dana sponsor dari pemerintah (Dikti) maupun dari pihak lain, belum begitu baik. Tingkat produktivitas staf pengajar dalam menerima dana penelitian juga menunjukkan hasil yang belum begitu menggembirakan karena setiap tahun rata-rata 5 penelitian dari berbagai macam sumber dana telah diterima. Demikian pula publikasi ilmiah dari para staf pengajar belum menunjukkan hasil yang baik.

Strategi pengembangan PS-MPO PPs Unsyiah dilandasi oleh visi, misi, tujuan dan sasaran PS-MPO PPs Unsyiah melalui Tri dharma Perguruan Tinggi. Fokus pengembangan PS disesuaikan dengan tuntutan stakeholder yang mengacu pada pengembangan ilmu dan teknologi di bidang ilmu keolahragaan. Berdasarkan hasil analisis SWOT dan Strategi Pengembangan yang dituangkan pada Renstra PS-MPO PPs Unsyiah 2015-2019, maka telah disusun Rencana Operasional pengembangan PS-MPO PPs Unsyiah yang meliputi:

  • Pengembangan proses pembelajaran berbasis kompetensi dan teknologi;
  • Pengembangan sarana dan prasarana;
  • Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM);
  • Peningkatan peran di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat;
  • Peningkatan kemampuan dan keterampilan (soft skill) mahasiswa; dan
  • Peningkatan kerjasama dan kemitraan.

Bagikan halaman ini